Jumat, 27 Desember 2013

Membuat Nilai Raport dengan Ms.Excel

0 komentar


Pembaca BlogKOe terutama bagi Bapak / Ibu Guru yang ingin mempermudah dalam pengolahan nilai, berikut ini mungkin tips yang dapat digunakan dengan dasar Ms. Excel yang akan saya jelaskan metode dan cara menggunakannya.

Pertama silahkan unduh samplenya disini

Kedua Masukkan data siswa, jika lebih dari 25 siswa tiap kelasnya, maka silahkan klik kanan pada Heading Angka disamping kiri pilih menu insert satu persatu hingga genap sesuai baris yang dinginkan untuk siswa anda, atau menggunakan cara kedua dengan mengcopy cell diatasnya semisal 40 siswa tiap kelas, berarti ada 15 siswa kurangnya, tinggal seleksi/blok di Heading Angka  sebelah kiri (yang bertuliskan angka 1, 2...kebawah)dipilih 15 cell row(15 baris cell), kemudian copy, klik kanan pada Heading Angka pilih menu insert copied cells, kemudian silahkan ganti No.Absen, NIS dan Nama Siswa sesuai kelasnya.

Ketiga bermain rumus dengan metode H untuk harian, P untuk praktik dan T untuk tugas, bisa juga disesuaikan dengan metode perhitungan anda, dalam sample saya untuk mempermudah nilai Rata - rata Harian (berarti rata-rata nilai H,P dan T) ditambah dengan Mid Semester, Ditambah dengan Nilai Ulangan Kenaikan Kelas atau UKK "(bisa disesuaikan juga untuk semester Gasal)", kemudian di bagi 5 dengan bentuk demikian:

Nilai Raport = ((Rata-rata Harian*3)+Mid+UKK)/5

Jika di buat contoh ke Ms. Excel :

=((AVERAGE(E9:G9)*3)+I9+J9)/5

Keterangan :
AVERAGE : untuk rata-rata
E9:G9 : cells dari Nilai Harian(diblok dari E9 sampai G9 atau sesuai kolom nilai harian anda)
* : untuk rumus kali(perkalian)
+ : tambah
/ : bagi

Disampel saya tersedia 4 kolom untuk nilai harian jika kurang silahkan diselipkan dengan mengklik kanan pada heading Huruf disebelah atas (Bertulis A, B ...kekanan),kemudian insert colomn,
dengan rumus diatas dapat dimodifikasi

Leave a Reply

Labels